Akhir 2023 Selesai Dibangun, Maret 2024 Kondisi Bangunan Kantor Bupati Batu Bara Sudah Rusak

oleh -435 views
oleh
Akhir 2023 Selesai Dibangun, Maret 2024 Kondisi Bangunan Kantor Bupati Batu Bara Sudah Rusak
Akhir 2023 Selesai Dibangun, Maret 2024 Kondisi Bangunan Kantor Bupati Batu Bara Sudah Rusak
banner 950x300
  • Ketua LSM RCW Batu Bara Angkat Bicara

SATYA BHAKTI ONLINE | BATUBARA –

Heran, Kantor Bupati Batu Bara yang baru selesai dibangun sekira akhir 2023 lalu itu,kini sudah rusak.

Padahal, dana senilai hingga Rp. 54 miliar lebih dari APBD Batu Bara sudah terkuras untukmendanai pembangunan Kantor Bupati Batu Bara itu.

Terkait itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Republik Corruption Watch (RCW) Batu Bara (Surya Dharma Samosir) mengaku sangat menyayangkan kondisi Kantor Bupati Batu Bara yang kini sudah rusak itu.

Saat itu, Senin 26 Maret 2024, kepada jurnalis SATYA BHAKTI ONLINE, Ketua LSM RCW Batu Bara yang akrab disapa Samosir itu mengungkapkan, pembangunan Kantor Bupati Batu Bara yang selesai dikerjakan sekira akhir 2023 lalu itu terkesan seperti tidak sesuai spesifikasi bangunan.

Padahal, ungkap Katua LSM Batu Bara itu, dana senilai Rp. 54 milyar lebih dari APBD Batu Bara sudah terkuras untuk membiayai pembangun Kantor Bupati Batu Bara itu.

Ironisnya, ungkap ungkap Katua LSM Batu Bara itu lagi, hingga kini Maret 2024, pembangun Kantor Bupati Batu Bara yang baru selesai dibangun sekira akhir 2023 lalu itu, mulai rusak di sana – sini.

Dikarenakan hasil bangunan yang pengerjaannya terkesan tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) itu, Samosir berharap, sebaiknya Pejabat (Pj) Bupati Batu Bara (Nizhamul) tidak melakukan sisa pembayaran kepada pelaksana pembangunan yakni PT. Tureloto Batu Indah (TBI).

“Saya berharap, sebaiknya Pj bupati Batu Bara Nizhamul tidak melakukan sisa pembayaran sebesar 13 % lagi kepada PT. TBI, karena hasil bangunan yang dilaksanakan terkesan seperti tidak sempurna sesuai RAB,” ungkap pria Batak bermarga Samosir itu.

Mengakhiri uarainnya itu, kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang kabarnya saat ini sedang melakukan pemeriksaan keuangan di Kabupaten Batu Bara, Dharma Samosir mengingatkan agar berhati-hati mengaudit dan menghitung penggunaan APBD yang di gunakan untuk pembangunan Kantor Bupati Batu Bara itu.

“Sebaiknya BPK berhati – hati saat melakukan audit penghitungan penggunaan anggaran kantor bupati Batu Bara, terlebih saat ini seluruh mata dan telinga masyarakat Batu Bara sedang menyoroti kondisi bangunan kantor bupati itu,” pungkas Ketua LSM RCW Batu Bara itu.

Untuk diketahui, diduga dikerjakan tidak sesuai spesifikasi bangunan, pembangunan Kator Bupati Bara Bara yang baru selesai di kerjakan sekira akhir 2023 lalu itu, kini sudah rusak.

Adapun pelaksana pembangunan Kantor Bupati Batu Bara diatas lahan Eks PT. Socfindo, Jalan lintas Sumatera (Jalinsum), Kelurahan Lima Puluh, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara itu, dikerjakan PT. Tureloto Batu Indah dengan nomor kontrak: 005/SP/SPH-PPK/DPUTR-BB/2023.

Sedangkan konsultas pengawas pembangunan itu yakni PT. Biro Bangunan Selaras (KSO) dan CV. Multi Partner Coonsultant.

Namun, Kantor Bupati Batu Bara yang baru selesai dibangun sekira akhir 2023 dengan dana APBD Batu Bara senilai Rp.54.000.759.986,50 itu, kni tampak mulai mengalami kerusakan di beberapa titik.

Kerusakan itu dapat dilihat pada bagian pintu belakang atau pintu keluar yang terbuat dari bahan kaca itu, mulai mengalami kerusakan.

Selain itu, plafon mengelupas, dinding kaca mulai goyah dan dibeberapa bagian atap kantor mulai bocor.

Dalam hal ini, informasinya, kondisi pintu kaca kantor bupati Batu Bara yang rusak itu,  kini sedang dalam masa perbaikan yang dilakukan salah seorang oknum TKS bagian kelistrikan bernama Juriansyah Sitorus.

“Iya Bang, memang saya yang mengerjakan. Sekedar mengisi waktu kosong,” ungkap Juriansyah.

Sementara itu, pembangunan Kantor Bupati Batu Bara yang baru selesai dikerjakan sekira akhir 2023 lalu itu, telah dibayarkan sebesar 87% dari Rp.54.000.759.986,50.

Selain itu, menjelang berakhir jabatannya sebagai Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir M.Ap meresmikan Kantor Bupati Batu Bara itu. (***)

Jurnalis : Nurhadi Maryono

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

Renungan :

“Saat ini, kita bisa menonton, membaca atau memperoleh informasi apa saja. Namun, hal tersebut seharusnya digunakan untuk hal-hal yang berguna.”

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :