Diduga Melakukan Penyelewengan Dana Bos, APH Diminta Usut Beberapa Sekolah Di Besitang

oleh -580 views
oleh
banner 950x300

SATYA BHAKTI ONLINE | LANGKAT –

Diduga melakukan penyelewengan dalam pengelolaan keuangan dari dana Biaya Operasional Sekolah (BOS), Aparat Penegak Hukum (APH) yakni pihak kejaksaan maupun pihak Kepolisian bidang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) untuk mengusut atau memeriksa beberapa kepala sekolah di Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

Demikian diungkapkan Ketua Lembaga Anti Korupsi Sumatera Utara (Ali Umar SH) yang dalam hal ini menuturkan, dugaan penyelewengan keuangan dari dana BOS itu terindikasi dengan adanya dana BOS tidak dipergunakan secara benar  dan kurangnya dana untuk belanja kebutuhan sekolah.

Beberapa waktu lalu, kepada jurnalis Satya Bhakti Online, Ali Umar mengungkapkan, sebenarnya sangat mudah bagi APH untuk mengusut  permasalahan dugaan penyelewengan keuangan dari dana BOS itu.

Menurut  Ketua Lembaga Anti Korupsi Sumatera Utara itu, untuk mengusut  permasalahan dugaan penyelewengan keuangan dari dana BOS itu, APH dapat memulai pengusutan dari kwitansi pembayaran  pembelanjaan yang didapat oleh para kepala sekolah, sedangkan para kepala sekolah tidak ada membelanjakan uang tersebut.

Hal tersebut tegas Ali Umar, kuat dugaan dana/uang BOS tersebut dipergunakan untuk kepentingan pribadi kepala sekolah.

Terkait dana/uang BOS yang diduga dipergunakan untuk kepentingan pribadi, Ketua Lembaga Anti Korupsi Sumatera Utara itu mengungkapkan, hal tersebut di duga terjadi di :

  1. SD Negeri No.050782 Halaban Kedai, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat yang dipimpin Yusvirahayu sebagai kepala sekolah.
  2. SD Negeri No.057237, Bukit Selamat, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat yang dipimpin Eliyani, SPd sebagai kepala sekolah.

Sementara itu, secara terpisah Ketua RCW Kabupaten Langkat (Amir CE) mengungkapkan, pihaknya dari RCW Kabupaten Langkat siap akan melaporkan dugaan penyelewengan keuangan dari dana BOS yang terjadi beberapa sekolah itu kepada APH untuk menindaklanjuti dugaan penyelewengan keuangan dari dana BOS itu. (TIM)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Sering kali kita mengabaikan hal-hal kecil, padahal dari sanalah sesuatu yang besar lahir dan tumbuh.”

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :