Terpilih Sebagai Polda Terbaik, Polda Sumut Raih Penghargaan Kompolnas Awards 2024

oleh -220 views
oleh
Terpilih Sebagai Polda Terbaik, Polda Sumut Raih Penghargaan Kompolnas Awards 2024
Terpilih Sebagai Polda Terbaik, Polda Sumut Raih Penghargaan Kompolnas Awards 2024
banner 950x300

SATYA BHAKTI ONLINE | MEDAN – Untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh Satuan Kerja (Satker) dan Satuan Wilayah (Satwil) di Polri untuk berkompetisi dalam peningkatan kinerja, pelayan publik dan inovasi, kini merupakan untuk ketiga kalinya, Kompolnas Awards kembali di selenggarakan.

Dalam penilaiannya, Kompolnas Award 2024 mencari yang terbaik dengan membagi dalam 4 kriteria yakni, Satker Mabes, serta Polda, Polres dan Polsek yang masing-masing dibagi dalam kategori A dan B dengan  berdasarkan proporsi Jumlah personel Polri di wilayah, jumlah penduduk, dan alokasi anggaran.

Akhirnya, saat Kompolnas Awards 2024 itu diselenggarakan, Polda Sumut dinilai dan terpilih sebagai Polda terbaik di seluruh Polda Tipe A yang ada di seluruh Indonesia.

Atas keberhasilannya itu, Rabu 17 Juli 2024 malam di Jakarta,  penghargaan Kompolnas Awards 2024 itupun langsung diserahkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo kepada Kapolda Sumut Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi selaku Kapolda Sumut.

“Alhamdulillah, kami Polda Sumut bangga telah berikan yang terbaik untuk menjaga, melindungi, melayani dan mengayomi seluruh masyarakat Sumatera Utara,” ungkap Kapolda Sumut Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi

usai menerima penghargaan Kompolnas Awards 2024 itu.

Menurut Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Polda Sumut merupakan Polda Kategori A bersama 15 Polda lainnya, antara lain Polda Metro Jaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Riau, Aceh, Lampung, Banten, DI Yogyakarta, Kaltim, Kalbar, dan Sulut.

 

“Alhamdulillah, Polda Sumut menjadi pemenang terbaik dari seluruh Polda Tipe A yang ada di Indonesia dengan nilai tertinggi dengan skor 70,75, disusul Polda Jawa Timur 70,58 dan Jawa Tengah 69,05,” tutur Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Keberhasilan ini, ungkap Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, mengulang dan mempertahankan capaian tahun 2023 silam yang juga meraih penghargaan terbaik dari Kompolnas Awards.

“Sedangkan pada tahun 2022, Polda Sumut menjadi nominasi kedua terbaik,” ungkap Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Sementara itu, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Polres Tanah Karo yang dalamhal ini Polres jajaran Polda Sumut, juga masuk dalam 5 besar nominasi Polres Terbaik untuk kriteria Polda Kategori A bersama Polres Jember, Jembrana, Pati, dan Singkawang.

Terkait penetapan Polda Sumut sebagai Polda Terbaik peraih Kompolnas Awards 2024, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi menuturkan, ada beberapa hal yang berbeda dan menjadi pertimbangan tim penilai.

Dalam hal ini, walaupun memiliki 29 Polres yang tersebar pada 33 kabupaten/kota dan  memiliki jumlah angka kejahatan terbesar ketiga, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi menuturkan, Polda Sumut tetap dapat mendapatkan poin 100 persen dalam menyelesaikan aduan Surat Keluhan Masyarakat (SKM).

“Polda Sumut berhasil mengungkap 2.400 kasus narkoba selama 2024 dengan menangkap 3.182 tersangka terdiri dari jaringan 2.723 orang, dan pengguna 459 orang, serta penyitaan barang bukti Narkoba sebanyak 478,92 kg sabu-sabu, 484,29 kg ganja, 178.691 butir pil ekstasi,” ungkap Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Selain itu, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi kembali menuturkan, Polda Sumut mendukung dan mempersiapkan diri dalam pengamanan program prioritas pemerintah seperti PON XXI, Pilkada, Aquabike Championship, dan pengamanan di destinasi wisata prioritas.

Kemudian, tutur Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi lagi, pada Pemilu 2024 yang berlangsung aman dan damai di Sumut yang kesemuanya itu dibuktikan dari kelancaran logistik Pemilu yang tidak ada kerusuhan selama kampanye dan Pemilu, serta berhasilnya pengungkapan tindak pidana pemerasan dan korupsi terkait Pemilu.

Selanjutnya, yang teranyar lagi, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi menuturkan, Polda Sumut cepat dan tanggap dalam mengungkap kasus menjadi perhatian masyarakat terkait pembakaran rumah wartawan di Tanah Karo yang menewaskan empat orang.

Pengungkapan dan penangkapan para tersangka atas kasus pembakaran rumah wartawan di Tanah Karo itu, ungkap Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi di selesaikan Polda Sumut dalam waktu 2 pekan dengan menangkap tiga tersangka

Kemudian, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi menambahkan, selama tahun 2024, terjadi peningkatan kinerja Polda Sumut dalam pelayan publik, dan inovasi dengan indeks penanganan Surat Keluhan Masyarakat (SKM) dari 93,3 persen atau 14 dari 15 menjadi 100 persen.

Sedangkan indeks kinerja operasional satuan wilayah dan KRYD, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi menuturkan, juga mengalami peningkatan dari 66,67 persen atau 10 dari 15 menjadi 100 persen.

Tidak hanya itu saja, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi menambahkan, peningkatan kinerja juga dialami pada Indeks Manajemen Media dari 60 persen menjadi 100 persen, disusul Indeks Kinerja Pengamanan Pemilu dari 66,67 persen atau 10 dari 15 menjadi 100 persen.

Sementara itu, Ketua Umum Pelaksana Kompolnas Award 2024 (Pudji Hartanto Iskandar), mengungkapkan, Kompolnas Awards 2024 ini menilai inovasi dan kinerja seluruh Satuan Kerja (Satker) di Mabes Polri dan Satuan Wilayah (Satwil) seluruh Indonesia.

Sebagai contoh kinerja terbaik, Pudji Hartanto Iskandar juga mengungkapkan, penghargaan ini merupakan apresiasi bagi pemenang Kompolnas Awards 2024 atas apa telah dilakukan masing-masing Satker serta Satwil.

“Kompolnas Awards 2024 diselenggarakan dengan menggandeng Markplus sebagai Lembaga independent dalam penilaian penghargaan. Tim juri dan Markplus menilai secara kuantitatif, kualitatif yang terstruktur,” ungkap Pudji Hartanto Iskandar.

Terkait proses terima penghargaan, Pudji Hartanto Iskandar mengungkapkan, Tim juri melaksankannya dengan seleksi dari Satwil dan Satker, kemudian dipilih mominasi 5 Polda, 10 Polres, 10 Polsek dan 5 Satker. Penilaiannya berdasarkan paparan, laporan, dan tinjau lapangan.

Selanjutnya, lanjut Pudji Hartanto Iskandar, Tim juri melaksanakan rapat untuk menentukan nominasi serta menyerahkan hasil akhir ke Panitia Kompolnas Awards 2024.

Pada kesempatan itu, selaku Ketua Kompolnas , Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto mengungkapkan, Kompolnas Awards 2024 merupakan apresiasi atas pemantauan budaya kerja, integritas baik anggota dan pejabat polisi. Kompolnas, tuturnya, menaruh harapan agar Polri lebih profesional dan mandiri.

“Kompolnas Awards merupakan penilaian atas terbangunnya budaya yang kompetitif, bersaing, untuk menjadi terbaik dalam kinerja, dan integritas anggota. Selamat kepada para pemenang, dan terima kasih atas dedikasi, serta prestasi yang telah dicapai, terus menjadi inspirasi bagi rekan-rekan polisi lainnya  dan bagi masyarakat,” ungkap mantan Panglima TNI itu. (red)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Sebelum menjadi kupu-kupu yang indah, betapa banyak waktu yang harus dilaluinya dalam kepompong.” (Aiman Bagea)

 

 

 

 

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :