Termasuk Kapolda Sumut, Kapolri Mutasikan 13 Perwira Pejabat Polri

oleh -109 views
oleh
Termasuk Kapolda Sumut, Kapolri Mutasikan 13 Perwira Pejabat Polri
Termasuk Kapolda Sumut, Kapolri Mutasikan 13 Perwira Pejabat Polri
banner 950x300

SATYA BHAKTI ONLINE | JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali merotasi besar-besaran perwira di lingkungan Polri.

Kali ini, dengan Surat Telegram Kapolri nomor ST/1236/VI/KEP./2024 hingga ST/1239/VI/KEP./2024 tertanggal 26 Juni 2024, ada 745 perwira yakni baik perwira tinggi maupun menengah dimutasi Kapolri (Jenderal Listyo Sigit).

Sebagaimana dilansir dari tribunnews.com diketahui, berdasakan Surat Telegram Kapolri itu, ada sejumlah posisi strategis di tingkat perwira tinggi yang terkena mutasi yang diantaranya :

  1. Dalam rangka pensiun, Komjen Pol Drs. Suntana, M.Si. dimutasikan sebagai Pati Baintelkam Polri.
  2. Irjen Pol Drs. Syahardiantono yang sebelumnya menjabat Kadivpropam Polri dimutasi dengan jabatan baru sebagai Kabaintelkam
  3. Irjen Pol Abdul Karim, SIK. M.Si yang sebelumnya menjabat Kapolda Banten dimutasi dengan jabatan baru sebagai Kadivpropam Polri.
  4. Brigjen Pol Suyudi Ario Seto. SIK. SH, MSi yang sebelumnya menjabat Wakapolda Metro Jaya dimutasi dengan jabatan baru sebagai Kapolda Banten.
  5. Brigjen Pol Djati Wiyoto Abadhy, SIK yang sebelumnya menjabat Wakapolda Kaltim dimutasi dengan jabatan baru sebagai Wakapolda Metro Jaya.
  6. Brigjen Pol M. Sabilul Alif, SH, SIK, MSi yang sebelumnya menjabat Wakapolda Banten dimutasi dengan jabatan baru sebagai Wakapolda Kaltim.
  7. Kombes Pol Hengki, SIK, MH yang sebelumnya Dirresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi dengan jabatan baru sebagai Wakapolda Banten.
  8. Kombes Pol Donald Parlaungan Simanjuntak, SIK, MH yang sebelumnya menjabat Kabaglitpers Ropaminal Divpropam Polri dimutasi dengan jabatan baru sebagai Dirresnarkoba Polda Metro Jaya
  9. Dalam persiapan penugasan luar struktur, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH, SIK, MSi yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumut dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri.
  10. Brigjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, SIK, MH. sebelumnya menjabat Dirtipideksus Bareskrim Polri dimutasi dengan jabatan baru sebagai Kapolda Sumut.
  11. Brigjen Pol Helfi Assegaf, SH, SIK sebelumnya Penyidik Tindak Pidana Utama Tk. II Bareskrim Polri dimutasi dengan jabatan baru sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri.
  12. Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi yang sebelumnya menjabat Wakapolda Sulsel dimutasi menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.
  13. Brigjen Pol Nasri yang sebelumnya menjabat Kasespimmen Sespim Lemdiklat Polri dimutasi dengan jabatan baru sebagai Wakapolda Sulsel.

Terkait itu, Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri (Irjen Pol. Dedi Prasetyo) menjelaskan, mutasi ini mencakup berbagai aspek, termasuk promosi, pensiun, penugasan khusus, dan lainnya.

Dari total personel yang dimutasi, Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri (Irjen Pol. Dedi Prasetyo) mengungkapkan, terdapat 18 polwan yang mendapatkan promosi yang rinciannya meliputi, satu berpangkat Brigjen Pol., sebelas berpangkat Kombes Pol., empat berpangkat AKBP dan dua pejabat kapolres.

Hal ini, tutur Irjen Pol. Dedi Prasetyo, menunjukkan komitmen Polri dengan memberikan kesempatan yang setara bagi personel perempuan untuk berkembang dengan karirnya.

Sementara itu, Irjen Pol. Dedi Prasetyo merinci bahwa mutasi promosi ini melibatkan dua personil berpangkat Irjen, 27 personil berpangkat Brigjen, 346 personil berpangkat Kombes, 97 personil berpangkat AKBP mantap, empat personil pejabat kapolres IIB, dan 146 personil pejabat kapolres IIIA2.

Selain promosi, Irjen Pol. Dedi Prasetyo juga merinci bahwa mutasi juga mencakup 68 personel yang memasuki masa pensiun, 24 personel yang mendapatkan penugasan khusus, dua personel yang kembali dari penugasan khusus, enam personel yang mengalami demosi, dan satu personel yang menjalani pendidikan. (red).

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Keberhasilan dalam hidup, hanya mampu didapatkan ketika seseorang mau berjuang dengan keras untuk mendapatkannya.”

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :