Sukseskan Pemilu 2024, Polres dan Bawaslu Simalungun Gelar Rakor

oleh -179 views
oleh
Sukseskan Pemilu 2024, Polres dan Bawaslu Simalungun Gelar Rakor
Sukseskan Pemilu 2024, Polres dan Bawaslu Simalungun Gelar Rakor
banner 950x300

SATYA BHAKTI ONLINE (SIMALUNGUN) –

Merupakan manifestasi dari upaya bersama antara aparat penegak hukum dan lembaga pengawas pemilu dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi demokrasi yang sehat guna mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024,khususnya di Kabupaten Simalungun, Polres Simalungun dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) gelar rapat koordinasi (rakor).

Saat itu, Jumat 12 Januari 2024 sekira pukul 11.30 WIB, untuk menjaga kualitas dan integritas dalam penyelenggaraan pemilu serta membangun kesadaran publik atas pentingnya partisipasi dalam pengawasan pemilu, Kapolres Simalungun (AKBP Choky Sentosa Meliala, SIK, SH, MH) berkunjung ke Kantor Bawaslu Kabupaten Simalungun, Kapolres Simalungun, Jalan Saribu dolok, No.16 Panei Tonga, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun.

Adapun pada rakor yang berakhir  sekira pukul 12.15 WIB itu, Kapolres Simalungun bersama Ketua Bawaslu Kabupaten Simalungun membahas koordinasi kerja menyangkut kegiatan Pemilu tahun 2024.

Dalam hal ini, Kapolres Simalungun (AKBP Choky Sentosa Meliala) menggarisbawahi pentingnya pemantauan dinamika politik yang semakin memanas.

Untuk itu, AKBP Choky Sentosa Meliala menegaskan kesiapan Polres Simalungun untuk mendukung Bawaslu Simalungun  dalam menjalankan tugasnya, khususnya dalam menciptakan lingkungan Pemilu yang aman dan terpercaya.

Selain itu, AKBP Choky Sentosa Meliala juga menegaskan komitmen Polres Simalungun terhadap netralitas Polri dalam Pemilu yang sudah diatur dalam aturan internal.

Pada kesempatan itu, dengan Kasat Intelkam Polres Simalungun (Iptu Teguh Raya Putra Sianturi) dan personil Polres Simalungun yang terlibat dalam Satgas Gakumdu, Kapolres Simalungun (AKBP Choky Sentosa Meliala) mengungkapkan, tidak dapat di pungkiri, dinamika politik di wilayah kita (Simalungun), saat ini semakin hangat.

Karena itu, dihadapan Ketua Bawaslu Simalungun (Adillah Februari Purba) dan Komisioner Bawaslu Simalungun lainnya yakni, Surya Indra Ariawan, Charlles Munthe, Purba Dimanson Purba, Sekretaris Bawaslu Simalungun (Safrul, SE) beserta staff yang juga hadir dalam rakor tersebut, Kapolres Simalungun (AKBP Choky Sentosa Meliala) menuturkan, kita (Simalungun) menghadapi berbagai tantangan dan kesempatan dalam melaksanakan proses demokrasi yang berkualitas.

Menurut Kapolres Simalungun itu, Polres Simalungun memahami perfeksinya situasi saat ini dan selalu siap menjaga stabilitas keamanan.

Lebih lanjut Kapolres Simalungun menyampaikan, pihaknya (Polres Simalungun) mendapat informasi bahwa Gakumdu sudah melakukan fungsinya dengan baik.

Untuk itu, ungkap AKBP Choky Sentosa Meliala, pihaknya (Polres Simalungun) ingin mendapat konfirmasi langsung dari Bawaslu Simalungun agar dapat menjalin kerja sama yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Dalam hal ini, AKBP Choky Sentosa Meliala menegaskan, Polres Simalungun tidak pernah berhenti untuk memantau perkembangan dinamika politik di Kabupaten Simalungun.

“Ini bagian dari tugas kami untuk mengamankan proses demokrasi dan mencegah terjadinya pelanggaran yang mungkin mengganggu integritas pemilu,” tegas Kapolres Simalungun itu.

Terkait netralitas Polri, Kapolres Simalungun itu kembali menegaskan, di internal Polri sendiri sudah ada banyak aturan yang mengikat anggota Polri untuk tetap bersikap netral selama proses pemilu berlangsung.

“Tidak ada toleransi terhadap pelanggaran netralitas,” tegas Kapolres Simalungun itu lagi.

Untuk mengidentifikasi dan mengatasi tantangan yang hadir, Kapolres Simalungun itu kembali menegaskan, Polres Simalungun selalu terbuka dan siap berkoordinasi serta berkomunikasi dan membutuhkan dialog yang konstruktif dengan Bawaslu Kabupaten Simalungun.

Mengakhiri uraiannya itu, Kapolres Simalungun (AKBP Choky Sentosa Meliala) menegaskan, Polres Simalungun berkomitmen mendukung penuh Bawaslu Simalungun dalam mensukseskan Pemilu tahun 2024.

“Tugas kami tidak hanya sebatas menjamin keamanan namun juga mendukung pengawasan pemilu yang efektif dan efisien, Dengan kerja sama yang solid, saya yakin pemilihan umum yang akan datang akan berjalan dengan aman, lancar, dan sukses,” pungkas Kapolres Simalungun (AKBP Choky Sentosa Meliala).

Sementara itu, diawali dengan  mengucapkan terima kasih atas inisiatif kunjungan dari pihak kepolisian (Polres Simalungun), Ketua Bawaslu Simalungun (Adillah Februari Purba) mengungkapkan bahwa sinergi yang terjalin selama ini telah sangat baik.

Selain menginformasikan bahwa Gakkumdu telah berjalan sesuai fungsinya, Ketua Bawaslu Simalungun itu mengharapkan dukungan kontiniu dari Polres Simalungun untuk kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang aman dan berkualitas. (SBO-06)

Editor/ Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Bukan keberhasilan yang harus kamu agung-agungkan, tapi keinginan untuk tidak pernah menyerah terhadap kegagalan.”

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :