Siap Amankan Pemilu 2024, Polres Simalungun Bersama Brimob Yon-B Latihan Dalmas

oleh -179 views
oleh
Siap Amankan Pemilu 2024, Polres Simalungun Bersama Brimob Yon-B Latihan Dalmas
Siap Amankan Pemilu 2024, Polres Simalungun Bersama Brimob Yon-B Latihan Dalmas
banner 950x300

SATYA BHAKTI ONLINE (SIMALUNGUN) –

Menyongsong penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Simalungun siap amankan Pemilu 2024.

Saat itu, Senin 15 Januari 2024 sekira pukul 09.30 WIB di Lapangan Upacara Mako Polres Simalungun, Jalan Jhon Horailam Saragih, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, bersinergi dengan Brimob Yon-B Pematangsiantar, Polres Simalungun gelar latihan pengendalian massa (Dalmas)

Untuk diketahui, latihan tersebut merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata Toba 2023 yang dirancang untuk memastikan situasi Kamtibmas tetap kondusif menjelang dan selama proses demokrasi Negara.

Sedangkan pelatihan Dalmas diadakan untuk mengasah kemampuan personel dalam menangani kerumunan massa, terutama jika terjadi situasi yang memerlukan intervensi kepolisian untuk menjaga keamanan yang dalam hal ini mencakup berbagai aspek, seperti teknik negosiasi, taktik formasi, penggunaan perisai, dan pengendalian emosi saat berada di lapangan.

Adapun para peserta pelatihan Dalmas itu diikuti para perwira Polres Simalungun seperti, Kasat Samapta Polres Simalungun (AKP Lambok Stevanus Gultom, SH), Kasat Pam Obvit (Iptu Julianto Simanjuntak, SH), KBO Sat. Samapta (Iptu Edy Syahputra, SH) serta anggota Polres Simalungun dan personil Brimob Yon-B Pematangsiantar.

Dalam hal ini, AKP Lambok Stevanus Gultom dalam sambutannya menuturkan, pelatihan Dalmas tersebut esensial bagi kesiapan personel kita dalam mengamankan Pemilu 2024.

“Kami bertekad untuk menciptakan suasana yang aman agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya tanpa rasa khawatir,” ungkap AKP Lambok Stevanus Gultom.

Salanjutnya, Kasat Samapta Polres Simalungun berharap, kegiatan pelatihan tersebut dapat menambah kepercayaan diri dan keterampilan personel Polres Simalungun dan Brimob dalam menjaga stabilitas keamanan.

“Kesuksesan pelatihan ini juga menjadi bukti kerja sama yang efektif antarunit kepolisian dalam menjalankan tugas Negara,” ungkap AKP Lambok Stevanus Gultom.

Sementara itu, salah seorang warga yang menyaksikan latihan tersebut menyampaikan apresiasinya.

Menurut warga yang saat itu hendak mengurus SKCK di Polres Simalungun, dengan pelaksanaan pelatihan itu, Polres Simalungun dan Brimob Yon-B Pematangsiantar dapat mengambil langkah proaktif dalam menjamin pemilu yang aman dan lancer serta memperkuat komitmen merealisasikan pemilihan umum yang demokratis di Kabupaten Simalungun. (SBO-06)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Kemarin kamu bisa gagal, tapi hari ini adalah hari terbaik dan jangan ulangi kesalahan yang sama.”

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :