Sebarluaskan Nilai Dasar Bela Negara, Sosialisasi dan Dediminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Digelar di Asahan

oleh -133 views
oleh
Sebarluaskan Nilai Dasar Bela Negara, Sosialisasi dan Dediminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Di gelar di Asahan
Sebarluaskan Nilai Dasar Bela Negara, Sosialisasi dan Dediminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Di gelar di Asahan
banner 950x300

SATYA BHAKTI ONLINE | ASAHAN – Dalam rangka menyebarluaskan nilai dasar bela negara,  Sosialisasi Dan Dediminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di gelar di Asahan.

Saat itu, Rabu 12 Juni 2024, di “Singapura City Hotel”, Kabupaten Batubara, kegiatan  Sosialisasi Dan Dediminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara itu dibuka oleh Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan RI (Brigjen TNI G Eko Sunarto, SPd, MSi)

Dalam amanatnya, Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan RI itu menyampaikan, kegiatan pembinaan kesadaran bela negara yang sedang kita laksanakan saat ini adalah dalam rangka menyebarluaskan Nilai Dasar Bela Negara.

“Bela Negara tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementrian Pertahanan RI dan TNI semata,tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh Kementrian/Lembaga, termasuk Pemerintah Daerah serta seluruh komponen bangsa lainnya,” ungkap Brigjen TNI G Eko Sunarto.

Dalam hal ini, Perwira Tinggi TNI berpangkat Bintang Satu itu menegaskan, sesuai dalam Pasal 27 ayat 2 UUD 1945 ditegaskan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Sedangkan sambutan Bupati Asahan yang disampaikan  Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Asahan (Ahmad Nizar Simatupang ST) menuturkan, kegiatan Sosialisasi Dan Dediminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara itu diharapkan terbentuk sikap mental dan perilaku warga negara yang memiliki kesadaran dan kesanggupan mengaktualisasikan nilai dasar bela negara dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara serta terwujudnya Sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki kesadaran dan kemampuan bela negara yang tangguh dalam menghadapi kompleksitas ancaman guna mendukung Indonesia maju,bersatu,berdaulat,mandiri dan sejahtera.

Nizar juga mengatakan,bela negara tidak hanya memakai senjata, tetai juga dapat menggunakan pemikiran yang cerdas di semua sektor dan semua lini,dalam rangka menjaga kedaulatan, martabat dan harga diri bangsa yang kesemuanya itu lebih tajam daripada hanya mengandalkan senjata.

Dalam hal ini, Bupati Asahan melalui Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Asahan menegaskan bela negara menjadi kepentingan bagi semua pihak dan semua komponen bangsa.

Sementara itu, guna mewujudkan SDM unggul untuk Indonesia Emas 2045, para peserta sosialisasi dan dediminasi pembinaan kesadaran bela Negara mendapatkan materi terkait Nilai-Nilai Dasar Bela Negara, Rencana Induk Pembinaan Kesadaran Bela Negara 2020-2045 yang disampaikan Kasubdit Lingja Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan RI (DR SRM Indah Permata S,S T, MM).

Selain itu, para peserta sosialisasi juga mendapat materi tentang Ancaman dan bahaya Narkoba yang disampaikan Kepala BNN Kabupaten Asahan (Andre Retha Zulhelfi, Spd,MM).

Selanjutnya, materi bijak dalam bermedia sosial yang  disampaikan Kabid IKP Diskomimfo Provinsi Sumatera Utara (Harvina Zuhra STP,MSi)

Kemudian, Kabid Idiologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Bekesbangpol Provinsi Sumatera Utara (Muhammad Andry Simatupang S,STP, MSi) menyampaikan materi kearsipan lokal bentuk bela negara.

Untuk diketahui, kegiatan Sosialisasi Dan Dediminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara itu dihadiri Direktur Bela Negara Kemhan RI (Brigjend TNI Eko Sunarto), Bupati Asahan yang diwakili Kabanjesbangpol, Kajari Asahan diwakili Kasubbag Pembinaan (Yosua Parlaungan Lumban Tobing,SH), Ketua Pengadilan Negeri diwakili Nelly ,SH, Kepala BNN (Andrea Retha Zulhelfi,Spd,MM), Analis Madya Ditjen Pothan Kemhan (Kolonel Arm Wahyu Jati, Kolonel Inf Heri Siswanto dan Let kol Inf Hafidzah Widodo).

Sedangkan Sosialisasi Dan Dediminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara itu diikuti sebanyak 250 peserta yang  terdiri dari perangkat desa, para Kepala Desa, Camat, ASN.

Selanjutnya, usai Sosialisasi Dan Dediminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara itu, para peserta mendapatkan sertifikat sebagai Kader Bela Negara. (***)

Penulis : Agustua Panggabean

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Pikiran kita bagaikan sebuah taman. Sepanjang hari rawatlah dan isilah dengan pikiran-pikiran positif dan membesarkanya dengan semangat serta membangun iman,”

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :