Ringankan Beban Masyarakat Rayakan Nataru, Pemprov Sumut Berangkatkan 1.020 Orang Mudik Gratis Dan Lunas Iuran Wajib Jasa Raharja Dari Terminal Amplas-Medan

oleh -244 views
oleh
Pemprov Sumut Berangkatkan 1.020 Orang Mudik Gratis Dan Lunas Iuran Wajib Jasa Raharja Dari Terminal Amplas-Medan
Pemprov Sumut Berangkatkan 1.020 Orang Mudik Gratis Dan Lunas Iuran Wajib Jasa Raharja Dari Terminal Amplas-Medan
banner 950x300

SATYA BHAKTI ONLINE [MEDAN] –

Bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) gelar mudik gratis.

Selain itu, program mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Sumut tersebut juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan dengan mengurangi tingkat penggunaan sepeda motor khususnya pada masa mudik serta memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Sumut (Agustinus) usai melepas peserta mudik gratis tersebut di Terminal Amplas, Jalan Panglima Denai, Kecamatan Medan Amplas,, Sabtu 23 Desember 2023 yang dilakukan langsung oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara (Hassanudin) didampingi Kapolda Sumatera Utara (Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi), Dishub Pemprov Sumut, Jasa Raharja Sumut serta stakeholder terkait.

Menurut Kadishub Pemprov Sumut itu, mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang diselenggarakan Pemprov Sumut tersebut diikuti sebanyak 1.020 pemudik yang diberangkatkan dengan menggunakan 30 unit bus dari Terminal Amplas, Kota Medan.

Terkait rute para pemudik yang diberangkatkan secara gratis itu, Agustinus menuturkan, mudik gratis ini diselenggarakan untuk empat rute, yakni,

  1. Medan-Tarutung-Sibolga.
  2. Medan-Kabanjahe-Pangururan.
  3. Medan-Kabanjahe-Sidikalang-Salak,
  4. Medan-Kisaran-Rantauparapat.

Dalam hal ini, Agustinus menambahkan, jumlah pemudik yang diberangkatkan sebanyak 80 persen dari kuota yang ditetapkan sebelumnya yakni 1.200 orang.

Sayangnya, tutur Agustinus,  masyarakat banyak yang membatalkan keberangkatan karena berbagai alasan.

Padahal, pungkas Agustinus,  banyak yang lain (masyarakat, red) mau ikut mudik gratis itu.

Sementara itu, Kepala Jasa Raharja Sumut (Mulyadi) berharap Program Mudik Gratis Nataru 2023/2024 dapat bermanfaat dalam membantu masyarakat agar lebih aman dan nyaman melaksanakan arus mudik, serta memberikan manfaat guna menekan angka kecelakaan.

Dalam hal ini, Kepala Jasa Raharja Sumut itu memastikan angkutan umum yang digunakan telah lunas Iuran Wajib Jasa Raharja, sehingga pemudik akan lebih tenang, sesuai dengan ruang lingkup jaminan Jasa Raharja berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No.15/PMK.010.2017 tentang Dana Petanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP). [SBO-02]

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

Rayakan berkat Tuhan dan pujilah Dia karena kebaikanNya bagi kita. Bersyukurlah kepadaNya karena karunia kasih, sukacita, iman dan damai sejahteraNya.

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :