,

Dinilai Sosok Polisi Teladan, 5 Personil Polri Raih Hoegeng Awards 2024

oleh -194 views
oleh
Dinilai Sosok Polisi Teladan, 5 Personil Personil Polri Raih Hoegeng Awards 2024
Dinilai Sosok Polisi Teladan, 5 Personil Personil Polri Raih Hoegeng Awards 2024
banner 950x300

SATYA BHAKTI ONLINE | MEDAN – Merupakan program mencari sosok polisi teladan, Hoegeng Awards kembali di gelar.

Kini, dengan dihadiri Kapolri (Jenderal Lisyo Sigit Prabowo), Panglima TNI (Jenderal Agus Subianto), Jaksa Agung (ST Burhanuddin) serta Chairman of CT Corp Chairul Tanjung (CT), serta sederet tokoh penting di pemerintahan, pada malam puncak penganugerahan Hoegeng Awards 2024 yang digelar digelar Jumat 12 Juli 2024 di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, ada lima kategori sosok polisi teladan yang dipilih, yakni :

  1. Polisi Berdedikasi
  2. Polisi Inovatif
  3. Polisi Pelindung Perempuan dan Anak
  4. Polisi Tapal Batas dan Pendalaman
  5. Polisi Berintegritas’.

Sementara itu, guna mencari dan memilih sosok polisi teladan sebagaimana yang dimaksud pada ke-5 kategori tersebut, sejak Senin 13 Mei 2024 hingga Senin 2024 digelar pelaksanaan uji publik.

Dilansir dari humas.polri.go.id, para peserta yang ikut memperebutkan nominasi ke-5 kategori tersebut merupakan seorang personil Polri yang masih aktif, tidak memiliki catatan negatif berdasarkan data internal Polri, memiliki dampak terhadap masyarakat luas, memiliki citra positif di mata masyarakat sekitar, dan berintegritas serta menjalankan prinsip-prinsip presisi.

Hasilnya, 5 personil Polri terpilih dan meraih penghargaan Hoegeng Awards 2024 untuk masing-masing kategori tersebut.

Berikut ke- 5 personil Polri yang dinilai sosok polisi teladan itu:

  1. Iptu I Made Ambo Arjana, seorang personil Polri yang bertugas sebagai Pejabat Sementara Kasat Binmas Polres Jayapura, terpilih sebagai sosok polisi teladan dengan kategori “Polisi Berdedikasi”.
  2. AKP Reza Pratama Rhamdani Yusuf, seorang personil Polri yang bertugas sebagai Kasat Lantas Polres Kukar periode 2021-2023, terpilih sebagai sosok polisi teladan dengan kategori “Polisi Inovatif”.
  3. AKBP Rio Wahyu Anggoro, seorang personil Polri yang bertugas sebagai Kapolres Bogor, terpilih sebagai sosok polisi teladan dengan kategori “Polisi Pelindung Perempuan dan Anak”.
  4. Bripka Septinus Arui, seorang personil Polri yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kampung Ayambori, Manokwari, Papua Barat, terpilih sebagai sosok polisi teladan dengan kategori “Polisi Tapal Batas dan Pedalaman”.
  5. AKBP Sri Wahyuni seorang personil Polri yang bertugas sebagai Kabag Gadik Sepolwan Lemdiklat Polri, terpilih sebagai sosok polisi teladan dengan kategori “Polisi Berintegritas”.

Untuk diketahui, mengutip laman resmi Korlantas Polri, penyelenggaraan Hoegeng Awards pertama kali dicetuskan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat rapat kerja dengan Komisi III DPR pada Januari 2022.

Penyelenggaraan Hoegeng Awards itu bermula dengan adanya tagar Percuma Lapor Polisi Dan Satu Hari Satu Oknum.

Selain itu, Hoegeng Awards juga dilatarbelakangi oleh humor dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang menyatakatan hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia, yakni patung polisi, polisi tidur dan mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Iman Santoso.

Seperti diketahui, Hoegeng adalah polisi teladan dengan sikap kejujuran dan tulus melayani masyarakat.

Dalam hal ini, Jenderal Purnawirawan Hoegeng Iman Santoso atau yang lebih dikenal Hoegeng itu merupakan sosok personil Polri yang sangat mencintai institusi Polri.

Hoegeng lulus dari sekolah kepolisian pada tahun 1944.

Saat menjadi Kapolri, Hoegeng banyak melakukan beberapa pembenahan, khususnya terkait struktur organisasi di tingkat Mabes Polri.

Jenderal Hoegeng sangat memegang teguh prinsipnya baik karier di kepolisian maupun kehidupan sehari-hari.

Sebagai pejabat, Hoegeng tidak mau aji mumpung atau ketika berkuasa memnfaatkan jabatannya untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya.

Bahkan, Hoegeng banyak menolak fasilitas terkait jabatannya yang dinilai berlebihan meskipun hal yang dimungkinkan dalam aturan seperti pemberian kavling tanah, rumah, mobil dinas dan pengawalan sehari – hari serta penjagaan didepan rumah.

Ada tiga ‘senjata’ yang digunakan Hoegeng dalam menjalankan tugas dan kehidupan sehari-hari yakni memberikan contoh, ucapan yang harus konsisten serta sentuhan dan turun ke bawah. (SBO-02)

Selanjutnya, kunjungi dan klik Yuo Tube SATYA BHAKTI ONLINE :

Jangan lupa Share, Koment dan Tekan Tombol Like, Subscriber serta Tanda Lonceng agar dapat berita yang terupdate setiap hari.

Terima Kasih.

Editor/Publsh : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Untuk menjadi yang terbaik, kita harus mempunyai mimpi besar serta semangat untuk mewujudkannya.”

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :