Ciptakan Manajer Security Yang Mahir Dalam Lingkup Tugas dan Tanggungjawabnya, PT. Garda Anugerah Nusantara Gelar Diklat Gada Utama

oleh -570 views
oleh
Ciptakan Manajer Security Yang Mahir Dalam Lingkup Tugas dan Tanggungjawabnya, PT. Garda Anugerah Nusantara Gelar Diklat Gada Utama
Ciptakan Manajer Security Yang Mahir Dalam Lingkup Tugas dan Tanggungjawabnya, PT. Garda Anugerah Nusantara Gelar Diklat Gada Utama
banner 950x300

SATYA BHAKTI ONLINE – TANJUNG MORAWA (DELI SERDANG) |

Guna membentuk security yang handal dan mahir dalam lingkup tugas dan tanggungjawabnya, PT. Garda Anugerah Nusantara kembali menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) bagi calon anggota satpam.

Kali ini, bersama Mabes Polri, PT. Garda Anugerah Nusantara menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk tingkatan Gada Utama (Manajer Keamanan).

Terkait itu, Kamis 5 Oktober 2023 di Mako Brimob Tanjung Morawa, kepada jurnalis Satya Bhakti Online, disela-sela kegiatan Latihan Menembak bagi peserta Diklat Gada Utama tersebut, Direktur PT. Garda Anugerah Nusantara (Moan Saor Sitanggang) menuturkan, Diklat Gada utama adalah pendididikan yang diberikan kepada manager/chief security agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melakukan analisa tugas dan kegiatan, mengelola sumber daya manusia serta kemampuan pemecahan masalah dalam lingkup tugas dan tanggung jawabnya.

Menurut Moan Saor Sitanggang, Diklat Gada Utama yang diselenggarakan bersama Mabes Polri itu merupakan Diklat Gada Utama yang ketiga kalinya diselenggarakan PT. Garda Anugerah Nusantara yang kali ini diselenggarakan selama 6 hari sejak Minggu 1 Oktober 2023 hingga Jumat 6 Oktober 2023 di Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumut yang pesertanya sebanyak 32 peserta dari para purnawirawan TNI/Polri dan masyarakat sipil yang dalam hal ini para CEO, Direktur Perusahaan/Instansi/BUJP Manajer Operasi, Manajer HRD, CHIEF Security and Security PIC di lingkungan kerja.

Dalam hal ini, Direktur PT. Garda Anugerah Nusantara itu menjelaskan, Diklat Gada Utama adalah pendididikan yang diberikan kepada manager / chief security agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melakukan analisa tugas dan kegiatan, mengelola sumber daya manusia serta kemampuan pemecahan masalah dalam lingkup tugas dan tanggung jawabnya dan mampu memanajemen anggota Satpam, menyusun standar operasi prosedur, membuat perencanaan keamanan, cepat tanggap saat dalam keadaan darurat, mempunyai jiwa kepemimpinan dan mampu memberi pengarahan kepada anggota, mampu menyelesaikan konflik di lingkungan kerja dan mampu menyusun sistem manajemen keamanan.

Terkait Jenjang Pelatihan Satpam untuk sistem keamanan terbaik, Direktur PT. Garda Anugerah Nusantara itu memaparkan, sebagaimana yang

diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2006 tentang Pelatihan dan Kurikulum Satuan Pengamanan, jenjang pelatihan satpam terdiri dari 3 tingkatan, yaitu:

  1. Gada Pratama (Dasar) yang dalam hal ini merupakan diklat dasar yang wajib bagi calon anggota satpam untuk mengetahui apa wewenang dan kewajiban seorang satpam.
  2. Gada Madya (Penyelia) yang dalam hal ini merupakan pelatihan lanjutan bagi anggota satpam yang telah memiliki kualifikasi Gada Pratama.
  3. Gada Utama (Manajer Keamanan) yang dalam hal ini merupakan pelatihan yang diikuti oleh level setingkat manajer, seperti manajer keamanan.

Selanjutnya, Moan Saor Sitanggang mengungkapkan, untuk menjadi seorang satuan keamanan atau satpam tidaklah mudah, karena harus menjalani serangkaian prosedur resmi untuk bisa diakui sebagai satpam yang salah satunya pelatihan satpam.

Menurut Direktur PT. Garda Anugerah Nusantara itu lagi, satpam memiliki tugas pokok menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

Sedangkan fungsi satpam, Moan Saor Sitanggang menegaskan, satpam befungsi melindungi dan mengayomi lingkungan atau tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerjanya.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan tugasnya, tegas Moan Saor Sitanggang lagi, anggota satpam berperan sebagai unsur membantu pimpinan institusi/proyek/badan usaha di bidang keamanan dan ketertiban lingkungan kerja dan unsur membantu kepolisian negara di bidang penegakan hukum dan waspada keamanan di lingkungan kerjanya.

Terkait penyediaan layanan petugas satpam, Moan Saor Sitanggang mengungkapkan, PT. Garda Anugerah Nusantara sangat fokus dalam menyediakan layanan petugas satpam yang mahir, terkendali, dan terlatih.

Dalam hal ini, Direktur PT. Garda Anugerah Nusantara itu  menegaskan, pelatihan satpam merupakan bagian penting dari layanan jasa satpam kami.

Mengakhiri paparannya itu, Moan Saor Sitanggang menuturkan, PT. Garda Anugerah Nusantara merupakan pilihan tepat sebagai wadah guna mendapatkan diklat satpam untuk segala aspek keamanan, agar menampilkan citra yang pantas dan sesuai dengan bisnis Anda.

“Pengalaman kemanaan Anda adalah hal penting untuk PT. Garda Anugerah Nusantara.

“Ingin mencoba langsung layanan keamanan yang efektif? Segera hubungi kami, PT. Garda Anugerah Nusantara!”, pungkas Moan Saor Sitanggang. (***)

Penulis : Antonius Sitanggang

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu.”

 

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :