Antisipasi Penyakit Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Polresta Deli Serdang Himbau Masyarakat Ikuti Anjuran Pemerintah

oleh -252 views
oleh
Antisipasi Penyakit Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Polresta Deli Serdang Himbau Masyarakat Ikuti Anjuran Pemerintah
Antisipasi Penyakit Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Polresta Deli Serdang Himbau Masyarakat Ikuti Anjuran Pemerintah
banner 950x300
  • Hati-hati Dengan Penggunaan Obat Sirup Yang Mengandung Bahan Kimia Etilen Glikol

SATYA BHAKTI ONLINE | DELI SERDANG –

Guna mengantisipasi penyakit gangguan ginjal akut terhadap anak-anak yang kini banyak terjadi di berbagai daerah di Indonesia, Polresta Deli Serdang gelar sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di wilayah hukumnya.

Demikian diungkapkan Kapolresta Deli Serdang (Kombes Pol Irsan Sinuhaji, SIK, MH) menanggapi penyakit gangguan ginjal akut terhadap anak-anak yang kini banyak terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Guna mengantisipasi penyakit gangguan ginjal akut terhadap anak-anak yang kini banyak terjadi di berbagai daerah di Indonesia itu, Kapolresta Deli Serdang (Kombes Pol Irsan Sinuhaji) mengungkapkan, khusus di Wilkum  Polresta Deli Serdang, jajaran Binmas serta Bhabinkamtibmas telah melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat khususnya ibu-ibu agar berhati hati dalam penggunaan obat sirup yang mengandung bahan kimia Etilen Glikol

Saat itu, Sabtu 22 Oktober 2022, kepada seluruh personil Bhabinkamtibmas jajaran Polresta Deli Serdang, Wakapolrestabes Medan yang kini menjabat Kapolresta Deli Serdang itu meminta agar  berkoordinasi dengan semua pihak di wilayahnya masing-masing guna mempercepat edukasi dan mencegah terjadinya hal serupa, yakni gagal ginjal misterius itu.

Selain itu, kepada semua pihak dan masyarakat, Kapolresta Deli Serdang (Kombes Pol Irsan Sinuhaji) juga meminta agar mengikuti anjuran pemerintah untuk berhati-hati akan bahaya obat sirup yang mengandung bahan kimia Etilen Glikol yang kesemuanya itu seiring adanya intruksi Kementerian Kesehatan RI yang tertuang dalam surat edaran Nomor SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) Pada Anak.

Seperti diketahui, sejauh ini Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menyarankan agar menghindari penggunaan obat sirup untuk anak-anak yang  mengandung Dietilen Glikol (DEG) maupun Etilen Glikol (EG) yang diduga mengakibatkan gagal ginjal akut bahkan bisa berakibat kematian pada anak.

Sementara itu, untuk diketahui, adapun obat-obat yang mengandung zat Ethylene Glycol (EG) telah ditarik oleh BPOM dan tidak boleh dijual lagi yang diantaranya :

  1. Termorex yang di produksi  oleh  KONIMEX.
  2. Flurin DMP Dirup yang di produksi PT.YORINDO FARMATAM.
  3. Unibebi Cough Sirup yang di produksi Universal Faramaceeutcal Industries.
  4. Unibebi Demam Sirup yang di produksi Universal Faramaceeutcal Industries.
  5. Unibebi Demam Drops yang di produksi Universal Paramaceeutcal Industries. [RED]

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Janji yang tidak dipegang, bagaikan tamparan diwajah. Janji yang ditepati, lebih berharga daripada sebotol minyak yang mahal.”

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :