Aksi Unjuk Rasa Warnai Musdalub ABUJAPI Sumut

oleh -98 views
oleh
Aksi Unjuk Rasa Warnai Musdalub ABUJAPI Sumut
Aksi Unjuk Rasa Warnai Musdalub ABUJAPI Sumut
banner 950x300

SATYA BHAKTI ONLINE | MEDAN – Aksi unjuk rasa puluhan massa warnai Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Badan Pengurus Daerah (BPD) Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Sumut.

Saat itu, Senin 26 Agustus 2024 di depan salah satu hotel Jalan S. Parman No.217, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara, puluhan massa yang tergabung dalam Forum Peduli ABUJAPI menolak dan menuntut agar kegiatan Musdalub BPD ABUJAPI yang digelar di hotel itu, dihentikan.

Dalam orasinya, koodintor aksi (Rahmatsyah) menuturkan, dirinya dari Forum Peduli ABUJAPI menduga ada sekelompok orang yang menggelar Musdalub illegal di hotel tersebut karena melanggar Anggaran Dasar/Rumah Tangga (AD/RT).

Menurut koordinator aksi itu, saat ini pihak pengurus ABUJAPI Sumut sudah melayangkan gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) di Pengadilan Negeri (PN) Medan untuk menolak Musdalub ini.

“Tapi kenapa ini dipaksakan, berartikan ada yang haus kekuasaan, terus memaksakan Musdalub,” ucapnya.

Selanjutnya, koordinator aksi itu menegaskan, massa akan masuk ke hotel untuk menjumpai dan menutut panitia agar Musdalub BPD ABUJAPI yang digelar itu, segera di hentikan.

Namun, keinginan massa untuk masuk ke hotel tersebut ditolak dan dihadang puluhan personil satpam yang berjaga-jaga.

Untuk diketahui, walaupun ada gugatan yang dilayangkan salah satu pihak ke PN Medan, panitia pelaksana Musdalub BPD ABUJAPI Sumut tetap menggelar Musdalub BPD ABUJAPI Sumut untuk memilih dan menetapkan Ketua Umum BPD ABUJAPI sisa periode 2023-2028 menggantikan H. Djoned Djubaidi yang sebelumnya menjabat Ketua BPD ABUJAPI Sumut periode 2023-2028 melalui Musyawarah Daerah (Musda) ke 3 yang digelar Selasa 9 Mei 2023 di Medan itu

Adapun digelarnya Musdalub BPD ABUJAPI Sumut itu, didasari Mosi Tidak Percaya oleh mayoritas Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang berada dibawah BPD ABUJAPI Sumut yang dalam hal ini merupakan pemilik suara sah di asosiasi perusahaan pengamanan tersebut.

Setelah melalui jalan panjang, akhirnya, mosi tidak percaya itu, direspon cepat Ketua Umum BPP ABUJAPI (Komjen. Pol. (P) Drs. H.M Sofjan Jacoeb, MM) dengan terlebih dahulu mengutus para para pengurusnya ke Medan dan bertemu dengan para pimpinan BUJP serta Pengurus BPD ABUJAPI Sumut untuk melakukan verifikasi dan validasi.

Selanjutnya, BPP ABUJAPI melakukan rapat pleno untuk memberikan keputusan atas mosi yang disampaikan para BUJP yang bernaung di BPD Sumut itu.

Kemudian, BPP ABUJAPI menyurati Ketua Umum BPD ABUJAPI Sumut (H. Djoned Djubaidi) untuk melakukan musdalub.

Namun, instruksi dan arahan Ketua Umum BPP ABUJAPI itu ditolak Ketua Umum BPD ABUJAPI Sumut (H. Djoned Djubaidi).

Melihat sikap penolakan Ketua Umum BPD ABUJAPI Sumut (H. Djoned Djubaidi) itu, sesuai mekanisme, BUJP yang bernaung di BPD ABUJAPI Sumut diinstruksi untuk segera membentuk kepanitiaan Musdalub ABUJAPI Sumatera Utara. Selanjutnya para BUJP melakukan rapat dan membentuk Steering Committee (SC) dan Organizing Committe (OC) sebagai organ pelaksana Musdalub BPD ABUJAPI Sumut yang selanjutnya melakukan penjaringan Bakal Calon (bacalon) Ketua Umum BPD ABUJAPI Sumut pengganti H. Djoned Djubaidi.

Instruksi BPP ABUJAPI itupun disambut gembira para pimpinan BUJP yang bernaung dibawah BPD ABUJAPI Sumut yang selanjutnya berantusias memberikan dukungan untuk suksesnya gelaran Musdalub BPD ABUJAPI itu. (red)

Renungan/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Apabila ada yang berjalan salah, apakah kita menjadi yang lebih baik atau lebih buruk?”

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :