5.806 Rumah Di Batubara Terendam Banjir, Polres Batubara Gelar Operasi Kemanusiaan

oleh -233 views
oleh
banner 950x300
  • Kapolda Sumut Serahkan 1.000 Paket Sembako Bagi Warga Korban Banjir

SATYA BHAKTI ONLINE – BATUBARA | Hujan deras sejak empat hari terakhir dan diperparah dengan banjir kiriman, 5.806 rumah di Kabupaten Batubara, terendam banjir.

Atas kejadian itu, Polri yang dalam hal ini Polres Batubara gelar Operasi Kemanusiaan.

Terkait itu, Kamis (19/8), Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis menuturkan, dalam menggelar operasi kemanusian itu, pihaknya (Polres Batubara, red) mendirikan posko serta memberikan paket bantuan kepada warga yang terdampak banjir di beberapa kecamatan, Kabupaten Batubara.

“Kita sudah mendirikan posko dan mengirimkan bantuan dari Kapolda Sumut kepada warga korban banjir,” ungkap Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis, saat itu.

Menurut AKBP Ikhwan Lubis, musibah terendamnya rumah warga itu dinilai karena hujan deras sejak empat hari terakhir dan diperparah dengan banjir kiriman dari Kabupaten Asahan.

Akibatnya, tutur AKBP Ikhwan Lubis, sejumlah sungai di Batubara juga meluap.

“Tak hanya merendam pemukiman warga, banjir juga merendam areal sawah atau perkebunan dan fasilitas umum,” ungkap Kapolres Batubara.

Untungnya, ungkap AKBP Ikhwan Lubis, tidak korban jiwa dalam musibah bajir di Kabupaten Batubara.

Sedangkan untuk sekolah yang terendam, AKBP Ikhwan Lubis menuturkan, masih dalam pendataan dan areal perkebunan atau sawah yang terdampak seluas 4.778,5 hektar serta kerugian masih dalam penghitungan.

“Kondisi banjir yang merendam 5.806 rumah warga itu telah surut,” ungkap AKBP Ikhwan Lubis.

Walaupun begitu, kepada warga, AKBP Ikhwan Lubis menghimbau, untuk tetap waspada mengantisipasi terjadinya banjir susulan.

  • Kapolda Sumut Serahkan 1.000 Paket Sembako Bagi Warga Korban Banjir

Sementara itu, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, menyerahkan bantuan sosial 1.000 paket sembako kepada warga korban banjir di Kabupaten Batubara.

Saat itu, Jumat (20/8), Bantuan paket sembako yang diberikan Kapolda Sumut itu diserahkan Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis kepada warga bertempat di Desa Kwala Sikasim, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara.

Adapun batuan paket sembako dati Kapolda Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak tersebut didistribusikan di 4 kecamatan yakni Kecamatan Sei Balai, Nibung Hangus, Datuk Tanah Datar dan Kecamatan Talawi serta mendirikan dapur umum dibeberapa titik.

Turut hadir dalam pembagian sembako itu, Waka Polres Batubara (Kompol Rudy Chandra), Danyon B Sat Brimob, Kepala Kemenag, Danton Lanal Tanjungbalai serta para camat.

“Pembagian paket bansos diambil oleh para camat dan kepala desa yang terdampak banjir. Kemudian dibagikan kepada masyarakat dengan didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” ungkap Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis. (red)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Jika kita membutuhkan pengawet hidup, jangan mengecam kemasannya.”

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :